Hidup itu Keras dan Tak Mudah Tapi Aku Jauh Lebih Keras dan Tak Mudah Dikalahkan

Selasa, 24 November 2015

Pentingnya menaati peraturan lalu lintas



Pentingnya menaati peraturan lalu lintas




Disadari atau tidak oleh kita, pembunuh global paling mengancam generasi muda bangsa selain narkoba adalah kendaraan bermotor. Kenapa dapat dikatakan begitu? Karena setiap harinya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas terus meningkat tajam. Setidaknya ada 120 jiwa melayang sia-sia akibat kecelakan lalu lintas, berbeda dengan angka kematian akibat overdose narkoba yang hanya 50 jiwa setiap harinya.
Lalu apa itu lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas? apa yang sebenarnya menyebabkan banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas?
Lalu lintas di dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 didefinisikan  sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan, sedang yang dimaksud dengan kecelakaan lalu lintas adalah peristiwa dimana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan bahkan kematian.
 Penyebab meningkatnya jumlah kasus kecelakaan lalu lintas  diakibatkan oleh maraknya anak-anak yang dibawah umur sudah berani mengendarai kendaraan bermotor sendiri tanpa bermodal keahlian yang memadai atau bisa dikatakan berkendara secara abal-abalan. Faktor perkembangan zaman dan ikut-ikutan teman yang lain merupakan faktor pendorong utama mereka berani melanggar peraturan perlalulintasan. INGAT!! Melanggar peraturan bukanlah hal yang membanggakan.
Apa ada cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas?
Jawabannya tentu saja ada. Setiap problematika pasti ada jalan keluarnya. Caranya adalah dengan menyadari bahwa mematuhi peraturan itu penting. Namun hal itu tidak akan terwujud tanpa kerjasama dan kesadaran masing-masing. Kerjasama antara semua pihak sangat dibutuhkan dalam mengurangi problematika tersebut. Bukan hal yang mustahil jika jumlah kecelakaan lalu lintas tiap tahun akan bertambah seiring dengan melonjaknya populasi penduduk dan ditambah lagi dengan penjualan kendaraan bermotor di negara kita yang tidak dibatasi.


Perlu diketahui peraturan lalu lintas dibuat bukan untuk mengekang kebebasan berkendara, tapi melainkan melindungi kita dari hal-hal fatal yang mungkin nanti akan kita sesali seumur hidup. Mematuhi peraturan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Contohnya saja seperti berhenti saat lampu hijau berganti dengan lampu merah. Kita hanya tinggal menunggu kurang lebih 1 menit untuk dapat melanjutkan perjalanan. Waktu yang tidak sebanding dengan kita harus berbaring selama berhari-hari atau mungkin berminggu-minggu di rumah sakit karena menerobos lampu merah.
Ayo kita bekerja sama dalam mematuhi aturan berlalu lintas dan menjadikan Indonesia sebagai negara tertib seperti Jepang. Kesadaran berasal dari diri kita sendiri. Mari tanyakan pada hati kita. Apakah kita hanya akan diam, berdiri ditempat yang sama atau melangkah maju menjadi negara berpredikat tertib di mata dunia?

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecelakaan_lalu-lintas
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/4/11/06/nem9nc-indonesia-urutan-pertama-peningkatan-kecelakaan-lalu-lintas 
http://news.metrotvnews.com/read/2013/09/28/184807/bnn-50-orang-tewas-tiap-hari-di-indonesia-akibat-narkoba




Tidak ada komentar:

Posting Komentar